TAHUKAH ANDA CARA HITUNG KALENDER SUKU MAYA?

Sebuah katun atau putaran k'atun adalah satuan waktu dalam kalender Maya yang sama dengan 20 tun atau 7.200 hari. Merupakan digit ke-2 dalam tanggal hitungan panjang normal Maya. Contohnya, dalam tanggal Hitungan Panjang Maya 12.19.13.15.12 (5 Desember 2006), angka 19 adalah katun.

Akhir katun ditandai oleh berbagai upacara dan di Tikal pembangunan komplek piramida kembar besar untuk menyelenggarakannya.Katun juga digunakan untuk memperhitungkan usia pemimpin. Siapapun yang hidup empat (atau lima) katun akan memperoleh gelar raja 4 (atau 5) katun.Pada periode Postklasik ketika Hitungan Panjang penuh tidak lagi digunakan, suku Maya terus memperhitungkan katun (membedakannya oleh tanggal Putaran Kalender yang mereka mulai). Setiap katun memiliki kumpulan ramalan dan hubungan tersendiri.

Perumpamaan kalender Maya begitu menonjol hal ini membuat bahwa beberapa ahli percaya mereka memiliki daya tarik obsesif dengan waktu rivaling dari manusia masa kini. Mereka menggunakan dua sistem kalender, Long Count Kalender dan Putaran Kalender. Long Count disempurnakan pada zaman klasik yang AD 250-900, dan tanggal rekor jumlah hari yang berlalu sejak titik awal mitologis yang berhubungan dengan 3114 SM dalam kalender kita. Bahkan Maya percaya bahwa dunia telah diciptakan dan menghancurkan sedikitnya tiga kali, terakhir kreasi sendiri sudah mulai pada tanggal 13 Agustus 3114 SM, dan berikutnya yang jatuh tempo pada tanggal 24 Desember 2011.

Tanggal yang menghitung jumlah waktu yang telah berlalu tepat berdasarkan tahun 360 hari adalah terlalu panjang dan mereka menyebutnya sebuah tong besar yang dibagi menjadi 18 bulan unials 20-hari. Sistem penomoran Maya didasarkan pada tanggal 20, bukan sepuluh, jadi setahun dihitung dalam kelompok-kelompok dari 20 Tuns, disebut katun, dan 20 katuns disebut Baktun sebuah.

A Long Count tanggal terdiri dari lima angka. Sosok pertama mencatat Baktun (400 - rentang tahun). Yang kedua adalah katun (rentang 20 tahun), tong sepertiga (rentang 360 hari, yang keempat seorang uinal (20 - hari span0 dan keluarga bertahan, satu hari saja. Tertua Tanggal dicatat adalah tanggal 6 Juli AD292 , dari tugu 29 di Tikal di Guatemala utara.

Kalender Bundar hanya nama-nama hari dalam dua kalender yang berbeda. Yang pertama adalah putaran 260 hari suci, Tzolkin, terdiri dari nama-nama 20 hari dan 13 angka, Hal ini digambarkan sebagai satu set roda gigi saling mewakili lingkaran waktu: satu dengan nomor dari satu sampai 13, yang lainnya dengan 20 hari bernama ,
Imix - satu hari,
Ik - dua hari,
Akbak - Hari ketiga dll

Hal ini adalah Haab (juga disebut Tahun kabur), satu tahun 365 hari yang terdiri dari bulan hari 182 dan lima hari kemudian periode pada akhir tahun. Dibutuhkan 18.950 hari, atau 52 tahun 365 hari, karena kombinasi dari kedua metode untuk mengulang sendiri.

sumber: wikipedia

tags:

0 komentar:

Posting Komentar