AKUISISI


Akuisisi adalah pengambilalihan kepemilikan dari suatu perusahaan. Dari contoh kasus diatas terdapat beberapa perusahaan melakukan akuisisi terlebih dahulu baru melakukan merger atau sebaliknya. Akuisisi juga adalah pembelian suatu perusahaan oleh perusahaan lain atau oleh kelompok investor. Akuisisi sering digunakan untuk menjaga ketersediaan pasokan bahan baku atau jaminan produk akan diserap oleh pasar dan sama hal nya dengan tujuan umum dari merger.

Contoh Kasus:
1. Akuisisi IBM dengan Dilligent Technologies
Ringkasan
IBM berencana mengakuisisi Diligent Technologies, sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang teknologi penyimpanan de-duplikasi.
Perusahaan ini berpusat di Framingham, Massachusetts dengan fasilitas penelitian dan pengembangan di Tel Aviv, Israel. Teknologi dan pegawai Diligent Technologies akan menjadi bagian dari unit bisnis IBM System Storage, IBM Systems and Technology Group. Perincian finansialnya tidak disebutkan, sementara akuisisi akan berlangsung pada tanggal 24 April 2008.
Diligent merupakan pengembang piranti lunak de-duplikasi data in-line yang terintegrasi dengan infrastruktur penyimpanan dan server untuk membantu perusahaan secara signifikan mengurangi jumlah dan biaya penyimpanan fisik yang diperlukan di pusat data. Perusahaan besar maupun menengah mengalami masalah mengelola pusat data yang kian rumit dan sulit dikelola. Di saat yang sama, mereka juga harus memenuhi meningkatnya kebutuhan akan penyimpanan untuk berkas backup, email, transaksi, dan data baru.
De-duplikasi data adalah sebuah teknologi baru yang saat ini menjadi incaran investasi perusahaan-perusahaan, dan teknologi inovatif Diligent menyediakan sebuah solusi untuk mendukung aplikasi perlindungan, pengarsipan dan retensi data - di samping mampu menjaga integritas data.
Pengakuisisian Diligent akan menjadi bagian penting dari model pusat data kelas enterprise IBM yang baru, yang membantu klien meningkatkan efisiensi TI dan memfasilitasi penyebaran layanan TI untuk pertumbuhan bisnis di waktu mendatang. Model yang baru ini didasari praktek terbaik dalam virtualisasi, TI hijau, pengelolaan layanan dan komputasi awan (cloud computing).
Penelitian mengindikasikan bahwa semakin banyak perusahaan yang berinvestasi dalam solusi de-duplikasi data untuk e-mail, database dan aplikasi yang memerlukan banyak kapasitas penyimpanan dan penting bagi misi. Menurut penelitian yang baru-baru ini dilakukan oleh TheInfoPro terhadap 152 perusahaan Fortune 1000, 56 persen dari responden lebih banyak mengeluarkan uang untuk de-duplikasi data pada tahun 2007 dibandingkan tahun 2006, dan diperkirakan pengeluaran ini akan semakin meningkat pada tahun 2008.
Selama bertahun-tahun, IBM telah membantu klien mengelola infrastruktur informasi mereka dengan solusi-solusi yang dapat mendukung ketersediaan informasi, retensi data dan persyaratan keamanan. Pengakuisisian Diligent sesuai dengan strategi perusahaan IBM untuk mengembangkan pusat data yang lebih efisien dan hemat biaya, serta semakin memperluas portofolio penyimpanan IBM yang unggul di industri.
Dikombinasikan dengan IBM, teknologi dan solusi de-duplikasi data Diligent akan memenuhi persyaratan de-duplikasi data yang unik dari klien-klien kelas enterprise dalam hal integritas data, skalabilitas dan performa in-line yang optimal; melengkapi aplikasi backup/pemulihan yang telah diinstal klien; mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk mem-backup dan memulihkan informasi; memungkinkan transmisi elektronik dan pengarsipan data back-up secara ekonomis dari lokasi pemulihan bencana utama ke yang berjauhan; mengurangi jumlah penyimpanan fisik yang dibutuhkan untuk membantu mengurangi biaya dan konsumsi energi.
Piranti lunak de-duplikasi data Diligent adalah sebuah teknologi penting yang akan diintegrasikan ke dalam portofolio IBM Storage untuk lebih memperluas strategi infrastuktur informasi IBM, memungkinkan klien-klien kami untuk menghapuskan data redundan dan merampingkan infrastruktur yang dibutuhkan untuk mendukung bisnis mereka yang dapat secara dramatis meningkatkan efisiensi pusat data.
Penawaran de-duplikasi data Diligent yang sudah terbukti di industri sangat sesuai untuk klien-klien perusahaan besar dan kelas menengah, secara unik mengkombinasikan performa in-line, skalabilitas, integritas data dan memperluas portofolio penawaran strategis IBM yang tangguh sehingga dapat membantu klien-klien kami mengurangi biaya infrastruktur, meningkatkan penghematan energi di pusat data, dan memungkinkan untuk memanfaatkan seluruh informasi on demand mereka.
Kombinasi dari IBM dan Diligent akan menghantarkan semakin banyak solusi perlindungan data yang berfokus pada industri dan inovasi.
Kepemimpinan IBM di bidang perangkat keras dan piranti lunak penyimpanan dan server telah diakui seluruh industri. Selain itu, IBM telah melakukan berbagai akuisisi strategis yang terkait dengan penyimpanan, selain XIV dan FilesX, termasuk Arsenal, NovusCG, dan Softek.
Pengakuisisian Diligent oleh IBM mendukung strategi pertumbuhan dan model alokasi modal IBM, sebagai bagian dari tujuan perusahaan untuk meraih pertumbuhan earnings-per-share hingga tahun 2010.
Kesimpulan
Terdapat beberapa tujuan mendasar yang menjadikan IBM untuk mengakuisisikan Diligent Technologies diantaranya:
  1. Produk yang dikembangkan oleh diligent dapat membantu perusahaan secara signifikan mengurangi jumlah dan biaya penyimpanan fisik yang diperlukan di pusat data IBM.
  2. Untuk mengembangkan pusat data yang lebih efisien dan hemat biaya, serta semakin memperluas portofolio penyimpanan IBM yang unggul di industry
  3. Untuk menghantarkan semakin banyak solusi perlindungan data yang berfokus pada industri dan inovasi
  4. Untuk meraih pertumbuhan earnings-per-share hingga tahun 2010.
Jadi jelaslah tujuan dari akuisisi ini adalah untuk membeli produk lain untuk melengkapi produk line yang akan mengambil alih, dan untuk mempertahankan kelanjutan bisnis untuk memperoleh akses pada tekhnologi baru yang mana hal ini senada dengan tujuan dari akuisisi tersebut.
2. Akuisisi PT Bank Commonwealth dengan PT Bank Arta Niaga Kencana
Ringkasan
PT Bank Commonwealth (BC) adalah suatu perseroan terbatas yang bergerak di bidang perbankan yang didirikan pada awal tahun 1990-an sebagai kantor perwakilan dari PT Commonwealth Bank of Australia (CBA). PT BC bermaksud untuk melakukan pembelian saham PT Bank Arta Niaga Kencana (ANK) dengan tujuan untuk memperkuat jaringan perbankan local yang dimiliki serta menambah keahlian di bidang perbankan di Indonesia , meningkatkan dan memperkuat jaringan perbankan di Indonesia timur, dan menciptakan sinergi usaha yang kuat dengan meningkatkan penetrasi Pasar,
Untuk tujuan tersebut, PT BC akan membeli saham sebanyak-banyaknya didalam Bank ANK yang mewakili sebanyak-banyaknya saham ANK yang telah ditempatkan dan disetor penuh.
Berdasarkan rancangan Akuisisi yang telah disepakati oleh pemegang saham PT BC pada tanggal 7 februari 2007 dan RUPS Bank ANK akan dilakukan penawaran tender atas saham Bank ANK yang dimiliki oleh penmegang saham public dan pembelian saham Bank ANK yang dimiliki oleh pemegang saham pendiri
Mekanisme pembelian saham Bank ANK yang dimiliki oleh pemegang saham pendiri dilakukan dengan penandatanganan akta jual beli saham yang akan dilaksanakan bersamaan setelah penyelesaian proses penawaran tender .
Sehubungan dengan adanya rencana pembelian saham tersebut Bank ANK akan melakukan penghapusan pencatatan saham bank ANK dan perubahan status Bank ANK dari perusahaan terbuka menjadi tertutup. Untuk itu Bank ANK akan melakukan penghapusan pencatatan saham Bank ANK di BEJ dan selanjutnya melakukan perubahan status Bank ANK dari perusahaan terbuka menjadi tertutup.
Dan PT BC tidak memiliki rencana untuk melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap karyawan PT Bank ANK. Namun demikian PT BC berencana untuk melakukan perubahan susunan direksi dan komisaris perusahaan PT Bank ANK
Kesimpulan
Dilihat dari tujuan awal PT Bank Commonwealth melakukan pembelian saham PT Bank Arta Niaga Kencana adalah :
  1. untuk memperkuat jaringan local yang dimilikinya serta menambah keahlian dibidang perbankan di Indonesia
  2. meningkatkan dan memperkuat jaringan perbankan di Indonesia
  3. menciptakan sinergi usaha yang kuat dengan meningkatkan penetrasi pasar
jadi jelaslah tujuan dari akuisisi ini adalah untuk memperoleh pasar baru di Indonesia semi memperkuat jaringan serta mengurangi persaingan terhadap perbankan di Indonesia yang mana hal ini sesuai dengan tujuan dari akuisisi tersebut.
3. Akuisisi PT INDOCEMENT
Ringkasan
PT INDOCEMENT Tunggal Prakarsa adalah salah satu perusahaan pemuncak di Bursa Efek Jakarta. Hanya ada lima perusahaan di Bursa Efek Jakarta yang kapitalisasi pasarnya (harga berlaku satu saham dikalikan volume saham) bernilai di atas satu trilyun rupiah. PT Astra International mencatat kapitalisasi pasar terbesar 3,116 trilyun sedangkan Indocement hanya berjumlah 1,006 trilyun. Dilihat dari kapitalisasi pasar bahkan PT Indocement berada di belakang PT Inti Indorayon Utama (1,7 trilyun), PT Tjiwi Kimia (1,087 trilyun)dan PT Polysindo Eka Perkasa (1,035 trilyun). Berbeda dengan PT Astra International yang sudah "Company listed" (artinya seluruh sahamnya bisa dijual beli di bursa) maka hanya 13,% saham PT Indocement yang diperdagangkan secara publik. Begitu juga, berbeda dengan 4 perusahaan pemuncak lainnya, tidak ada satu saham pun yang masih tersedia bagi pembeli pihak asing. Saham Astra International, misalnya per akhir Mei 1992, terdapat 72,92% yang boleh dibeli pihak asing. Ketika PT Indocement muncul di bursa, perhatian tertuju oleh surat keputusan Menteri Keuangan. Indocement oleh Menteri Keuangan dikecualikan dari ketentuan Bapepam yang mensyaratkan laba dua tahun berturut-turut sebagai syarat untuk go public. Keputusan itu awal dari penurunan wibawa bursa, karena bersifat khusus pada sebuah perusahaan yang sebelumnya juga mendapat perlakuan khusus lainnya. Yang dimaksud di sini adalah disuntiknya dana kepada PT Indocement melalui APBN (1986/1987) dalam bentuk penyertaan modal Pemerintah. Saham pemerintah Indonesia di PT Indocement berjumlah 35% pada saat penyuntikan dana, terus menurun menjadi 30,38% (saat sebelum go public) dan kini menjadi 25,93%. PT Indocement menjadi berita besar lagi dengan akuisisi perusahaan dalam nilai sebesar Rp 1,720 trilyun (neto) yang menempatkan transaksi ini sebagai akuisisi terbesar dalam sejarah perusahaan di Indonesia. Bagaimana besarnya akuisisi ini dilihat dari industri nasional secara makro? Sebelum akuisisi "akbar" ini, PT Indocement telah melakukan akuisisi terhadap pabrik semen milik Sudwikatmono di Cirebon, Yanti Sukamdani dan Ismail Sofian, PT Tridaya Manunggal Perkasa Cement. Dari data tahun 1990, Indocement memproduksi 6.672,506 ton dan PT Tridaya Manunggal berproduksi sebesar 1.286.770 ton. Akuisisi ini, menurut keterangan PT Indocement, membuat pangsa pasar perusahaan itu menjadi 52% dari total kapasitas produksi semen nasional. Apakah arti akuisisi Indocement bagi para pemegang saham, wibawa Bursa Efek, kekuatan kelompok Salim (yang menguasai mayoritas saham PT Indocement) dan perkembangan industri Indonesia? Untuk itu kita perlu melihat "barang" yang dibeli, yang untuk mudahnya dibagi atas tiga pengelompokan. Pembelian pertama menyangkut PT Bogasari Flour Mills. PT Bogasari memproses gandum menjadi tepung terigu dan menguasai 85% pangsa pasar konsumsi tepung terigu. PT ini praktis menjadi mesin cetak uang, mengingat kekuatan monopoli yang dimilikinya mencakup komoditi yang menjadi bahan bagi konsumsi pangan,seperti mie dan roti. Pembelian kedua menyangkut pembelian 51% (bukan 100% seperti Bogasari) dari kelompok industri pangan "Indofood" grup. Nilai 100% dari Bogasari diperkirakan sebesar Rp 829 milyar (neto setelah dipotong utang sebesar Rp 350 milyar) dan nilai 51% dari kelompok Indofood Rp 777 milyar. Pembelian ketiga adalah pembelian Wisma Indocement yang seluruhnya dinilai sebesar US$ 56 juta atau sekitar Rp 115 milyar.
Kesimpulan
Jadi jelaslah akuisisi yang dilakukan antara PT inducement dan PT Tridaya Manunggal Perkasa Cement adalah untuk membeli produk line untuk melengkapi produk line yang akan mengambil alih dan mempertahankan investasi atas keuangan perusahaan perusahaan yang berlebih serta untuk mempertahankan kelanjutan bisnis hal ini senada dengan tujuan dari akuisisi tersebut. 
A. Kalbe dan Dankos adalah perusahaan-perusahaan besar yang bergerak dalam bidang usaha farmasi dan produk-produk yang berkaitan dengan kesehatan yang dalam jangka panjang mempunyai visi menjadi perusahaan farmasi dan penghasil produk-produk kesehatan yang bertaraf internasional. 
B. PT Enseval merupakan induk perusahaan selain memiliki 52,65% saham Kalbe, juga memiliki 58,62% saham PT Enseval Putra Megatrading Tbk yang merupakan distributor dari Kalbe dan Dankos. 
C. Sejak krisis ekonomi 1997 hingga hari ini, manajemen Kalbe, Dankos dan Enseval secara terus menerus telah melakukan banyak penataan ulang segmen usaha baik masing-masing maupun pada anak perusahaan masing-masing dalam rangka peningkatan kinerja masing-masing perusahaan. Hasil penataan ulang segmen usaha tersebut telah menghasilkan pertumbuhan penjualan konsolidasi Kalbe dan Dankos di atas pertumbuhan farmasi nasional secara terus menerus sejak tahun 1998. 
D. Momentum positif telah terjadi pada ekonomi Indonesia, dengan berhasilnya terbentuknya pemerintahan baru hasil pemilihan umum presiden pada tahun 2004 yang lalu. Sentimen positif ini juga terefleksi pada pasar modal di Indonesia dengan rekor IHSG yang beberapa waktu lalu menembus angka 1100. 
E. Penerapan mata rantai nilai (supply chain management) yang terpadu, tanpa hambatan (seamless process) dan efektif dimulai dari unit produksi hingga unit distribusi menjadi suatu hal yang harus dilaksanakan secepatnya baik oleh Kalbe, Dankos dan Enseval sehingga tercapainya pengelolaan usaha menjadi lebih efisien, produktif dan efektif.

tags:

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus