5 MILIAR PENDUDUK BUMI MENGGUNAKAN HP


Sudah berapa banyak jumlah pelanggan layanan seluler di muka bumi ini? Jawabannya adalah sudah mencapai 5 miliar subscriber, atau mencapai 70% jumlah penduduk dunia!

Demikian menurut perhitungan Ericsson, salah satu perusahaan jaringan telekomunikasi terbesar di dunia. Menurut hasil riset Ericsson, semakin lama subscriber seluler bak cendawan di musim hujan, yang pertumbuhannya sulit dibendung.

Bahkan dalam suatu waktu, untuk satu hari, penambahan jumlah subscriber layanan seluler bisa mencapai 2 juta pengguna. Angka yang luar biasa bukan?

Coba bandingkan ketika 10 tahun lalu, pengguna ponsel dunia cuma ada sekitar 720 juta orang. Angka itu kini bahkan lebih sedikit dari pengguna ponsel di China.

Pun demikian, jumlah 5 miliar subscriber itu masih belum seberapa, tunggu saja ketika 2020 mendatang. Ericsson mengestimasi bahwa pada 10 tahun ke depan tersebut, jumlah perangkat mobile yang terhubung bisa melonjak hingga angka 50 miliar!

Dalam hasil riset tersebut, Ericsson juga menyebutkan bahwa pertumbuhan pengguna layanan telekomunikasi juga berimbas pada penggunaan layanan 3G. Pada 2010 ini, pengguna 3G diproyeksi berada di angka 500 juta pengguna aktif.

Negara-negara berkembang seperti China dan India dianggap akan menjadi sosok sentral dalam ledakan pengguna 3G di masa depan.

Sementara perangkat yang nantinya digunakan untuk keperluan mobile broadband tak lagi akan bertumpu pada ponsel. Namun diperkirakan juga akan disetir oleh perangkat semacam iPad dan e-reader (buku elektronik) lainnya.

tags: , ,