KONSOLIDASI

Konsolidasi adalah penggabungan dari beberapa perusahaan menjadi satu dan menghilangkan perusahaan yang lama. Tujuan dari konsolidasi sama halnya seperti merger dan akuisisi untuk meningkatkan efisiensi yang lebih baik, memperoleh pangsa pasar baru, menguasai teknologi baru, serta mempertahankan kelanjutan bisnis, dll. Sebenarnya contoh dari merger atau akuisisi diatas merupakan contoh konsolidasi juga karena sebelum melakukan merger atau akuisis perusahaan atau bank melakukan konsolidasi atau sebaliknya.

Contoh Kasus:


1. Konsolidasi PTPN
Ringkasan
Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Negara BUMN No. KEP-102/MBU/2002, tanggal 4 Juni 2002. Asal mulanya semua pabrik gula di Indonesia adalah milik beberapa perusahaan Belanda dan pabrik-pabrik yang dimiliki oleh PTPN XI diantara pemilik lamanya adalah Handels Vereeniging Amsterdam (HVA), Anemaet & Co., NV Faktorij, NV Nederlands Indiesche Landbouw Maatschappij (NILM), Cultuur Bank Maatschappij, NV Nederlands Handels Maatschappij (NHM), Vereenigde Vorstendlandsche Cultuur Maatschappij (VVCM) dan sebagainya.


Pada tahun 1957 saat Pemerintah Indonesia memperjuangkan kembalinya Irian Barat dari Pemerintah Belanda, berdasarkan Undang-undang Nasionalisasi No. 8 tahun 1957, tanggal 10 Desember 1957 dan Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 229/UM/57 tahun 1957, semua perusahaan Belanda termasuk perkebunan dan pabrik-pabrik gula kesemuanya diambil-alih oleh Pemerintah Republik Indonesia dan diserahkan pengoperasiannya kepada Perusahaan Perkebunan Negara Baru (PPN-Baru). Kemudian pada tahun 1960 semua pabrik gula yang ada di Jawa Timur dikelola oleh PPN-Baru Cabang Jawa Timur.
Pada tahun 1964 terjadi perubahan organisasi, dimana nama PPN-Baru Cabang Jawa Timur berubah menjadi Badan Pimpinan Umum Perusahaan Perkebunan Negara Gula, Kesatuan Jawa Timur IV; dan pada tahun 1966 berubah lagi menjadi Badan Pimpinan Umum Perusahaan Perkebunan Gula Negara / Perusahaan Karung Goni Inspektorat VII.
Kemudian pada tahun 1968 terjadi lagi perubahan, pabrik-pabrik gula di Jawa Timur dibagi-bagi menjadi Perusahaan Negara Perkebunan XX (PNP XX), PNP XXI, PNP XXII, PNP XXIV dan PNP XXV. Namun pada tahun 1975 berubah lagi menjadi Perseroan Terbatas (PT) Perkebunan XX (Persero), PT Perkebunan XXI-XXII (Persero) dan PT Perkebunan XXIV-XXV (Persero). Atau yang lazim disebut PTP XX, PTP XXI-XXII dan PTP XXIV-XXV.
Terakhir berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 16 Tahun 1996, semua PTP dirubah menjadi PT Perkebunan Nusantara (Persero) disingkat menjadi PTPN. Selain perubahan nama, juga terjadi penggabungan antar PTP. PT Perkebunan Nusantara XI (Persero) atau disingkat menjadi PTPN XI adalah bentuk penggabungan antara PTP XX dan PTP XXIV-XXV.
PTP XX semula didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 6 Tahun 1972 untuk mengelola 5 (lima) unit pabrik gula yang berlokasi di Ngawi, Magetan dan Madiun, sedangkan PTP XXIV-XXV didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah No.15 Tahun 1975 yang merupakan penggabungan dari PNP XXIV dan PNP XXV. PTP XXIV-XXV memiliki 12 (dua belas) unit pabrik gula, 4 (empat) unit rumah sakit umum, 1 (satu) unit pabrik spiritus, 1 (satu) unit pabrik alkohol dan 1 (satu) unit pabrik karung goni PK Rosella.
Penggabungan itu disyahkan melalui akta Notaris Harun Kamil, SH No.44 tanggal 11 Maret 1996 dengan persetujuan Menteri Kehakiman RI No. C2-8339.HT.01.01, tanggal 18 Agustus 1996. Berkedudukan dan berkantor Pusat di Kota Surabaya Propinsi Jawa Timur. Penggabungan ini dilakukan guna mendukung kebijakan Pemerintah dalam pembangunan nasional, untuk mewujudkan efisiensi dan efektivitas perusahaan milik negara terutama di sub sektor pertanian.
Selanjutnya Anggaran Dasar Perusahaan dari PT Perkebunan Nusantara XI (Persero) sebagaimana ditetapkan dalam Akta Notaris Harun Kamil, SH No. 44 tanggal 11 Maret 1996 itu telah mengalami perubahan berdasarkan Keputusan Pemegang Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Perkebunan Nusantara XI sebagaimana ditetapkan dengan Akta Notaris Sri Rahayu Hadi Prasetyo, SH, Notaris berkedudukan di Tangerang No. 02 tanggal 2 Oktober 2002 dan telah disetujui oleh Menteri Kehakiman dan Hak Azasi Manusia melalui Surat Keputusan No. C-21048 HT.01.04 th.2002 tangal 29 Oktober 2002 tentang Persetujuan Akta Perubahan Anggaran Dasar Perseroan Terbatas. Perubahan Anggaran Dasar tersebut telah terdaftar dan tercantum pada Daftar Perusahaan No.13.01.1.51.10542 tanggal 31 Desember 2002.
Restrukturisasi Usaha (dalam persiapan)
Sejalan dengan rencana arah perubahan organisasi tersebut diatas, dalam RUPS tentang Pengesahan RKAP tahun 2003 pada tanggal 10 Januari 2003, prinsipnya usulan manajemen PTPN XI disetujui untuk melakukan restrukturisasi usaha. Restrukturisasi didasarkan pada hasil kajian terhadap unit usaha yang paling layak untuk dijadikan SBU. Pelaksanaannya dapat dilakukan secara bertahap sesuai dengan kondisi dan situasi yang dihadapi perusahaan.
Kesimpulan
Disini dapat kita simpulkan bahwa konsolidasi yang dilakukan tersebut guna untuk mempertahankan kelanjutan dari bisnis gula pasir local yang ada di Indonesia dan untuk mewujudkan efisiensi dan efektivitas perusahaan milik negara terutama di sub sektor pertanian, hal ini senada dengan tujuan dari konsolidasi itu sendiri.

tags:

7 komentar:

  1. boleh juga nh blog...
    tks gan, atas datanya...
    maju terus

    BalasHapus
  2. Saya Achmad Halima Saya ingin menyaksikan karya bagus ALLAH dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
     Saat ini saya tinggal di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada MARET 2017 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
    Saya adalah korban penipuan pemberi kredit 3-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berutang, saya dibebaskan dari penjara dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan mengenai situasi saya dan kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dapat diandalkan.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp900.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam setelah saya melamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya saran jika anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya di (achmadhalima@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    BalasHapus

  3. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  4. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  5. Halo, saya Shalom Knight, pemberi pinjaman pribadi, apakah Anda berhutang? Anda butuh dorongan finansial? Saya terdaftar dan disetujui di seluruh dunia untuk mengendalikan lembaga keuangan. Saya memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua pihak yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman tersebut, dengan tarif 2%. Saya memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga support. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami dan juga ada bonus Akhir Tahun untuk pelanggan kami.
    Anda bisa menghubungi kami via Email: shalomloancompany@gmail.com
    Terima kasih
    Shalom Loan Company Inc.
    Nyonya Shalom Knight.

    BalasHapus
  6. Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM , Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya curang dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM, Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan Pemberi pinjaman karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya, Harum kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. LASSA JIM, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ms. LASSA.
    Saya mengajukan pinjaman 2 miliar rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya katakan kepada dapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 2 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga Tuhan memberkati Mrs. LASSA JIM untuk membuat hidup saya lebih mudah, jadi saya sarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi nomor JIM ibu LASSA whatsApp +1(301)969-1955.

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya adalah INDALH HARUM, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: Indalhharum@gmail.com

    BalasHapus
  7. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus